SUSUNAN REDAKSI TABLOID LINTAS PENA

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Redi Mulyadi Wakil Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: Wartono Pemimpin Perusahaan: Redi Mulyadi Wakil Pemimpin Perusahaan: Dede Fuad Manajer Iklan: Ade Bachtiar Alief Penasehat Hukum : Asep Ahmad Munandar,SH,Abdul Wahid SH dan Saepudin,SH,MH Sekretaris Perusahaan/Manajer Keuangan : Nina Nurlina Redaktur : Wartono (081323171347-086321129559-08535395559 ) Staf Redaksi : Endang Sutrisno,Tatang RA,Dede Fuad, ,U Wahyu,Putri Cristine,Johan Rohani,Ade Bachtiar Alief,Mumuh Muhlis, ,A.Rojak,Lena Candrawati,Nanang Suhendar,Husen,Deni K.Koswara,Adi Sumarna,Hendaya, Usep Herliana, Budhi Prihanto,Andri Kalimantoro,R.Indra Purnama Yunus,Jasmiran,Moch.Ending S.,Ajat Sudrajat,Nunu Tajudin,Agus Widodo,Sunarto Sapdo,Yessi S.Bachtiar Kab.Nunukan Kalimantan Timur).Biro Provinsi Banten : Nuraeni, Biro Jabotabek: Ahmadin dan Maswi Ishak Dewan Penasehat : H.Eddy Padmadisastra,Drs.Deri Daswara.MM,H.Asep Mulyana FPRM,KH.Dudung Abdulrahman,KH.Sumpena,Barlin.B.Easy,Ir.H.Parikesit Wirasutisna,Aam Ruhimat,S.Pdi, Ki Bagus Banten Wartawan Kehormatan : Drs.Zaenal Muttaqin,M.Pd Layout : Wildan.N,Rekening Bank : 0147937083 Bank Mandiri Cabang Tasikmalaya a/n Redi Mulyadi Alamat Redaksi : Jl.Dr.Moh.Hatta No.13A Tasikmalaya 46132 e-mail : redimulyadi@gmail.com/lintas.pena@gmail.com

Jumat, 12 April 2013

Raih Prestasi Spektakuler Bersama Ganesha Operation Priangan Timur


NAMA bimbingan belajar Ganesha Operation   memang tak asing lagi dan kini berkembang pesat, termasuk di wilayah Priangan Timur yang dinakhodai  Drs.Wawan Samsul Nugraha, yang konsisten dan berdedikasi dalam memajukan dunia pendidikan. Ganesha Operation hadir di Priangan Timur, mulai28 Desember 1995 dengan membuka cabang pertama di Tasikmalaya, dan perkembangannya cukup pesat hingga mendirikan beberapa cabang lainnya.
            “Selama ini, kami senantiasa menjaga kualitas agar menghasilkan lulusan yang berkualitas pula, serta menjaga kepercayaan masyarakat sesuai visi GO yakni menjadi lembaga bimbingan belajar yang terbesar dan terbaik se-Indonesia. Sedangkan misinya; mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan budaya belajar, menghasilkan siswa berprestasi tingkat nasional dan internasional, sertaa melakukan inovasi pembelajaran melalui terobosan revolusi belajar dan teknologi Informasi (TI), ” ujar Drs.Wawan Samsul Nugraha, pimpinan Ganesha Operation Priangan Timur ini.
            Wawan Samsul Nugraha menjelaskan, bahwa program Ganesha Operation antara lain: Tingkat SD: REGULER DAN EXECUTIVE, Reguler P1 & Gold (Matematika, IPA,IPS, PKn, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris), Reguler P2, P3 & Silver ( Matematika, IPA,IPS,PKn, Bhs. Indonesia); kemudian untuk tingkat SMP : REGULER , SILVER, GOLD serta tingkat : REGULER , SILVER, TWT (The Winning Team), dan  INTENSIF.
            Para peserta bimbingan di Ganesha Operation, lanjut Wawan Samsul Nugraha yang guru SMAN 1 Tasikmalaya ini, mereka diberikan fasilitas; konsultasi pemilihan SMA & PTN Favorir, try out, avaluasi hasil try out,  opscan 4 U Scannner (OMR) dan DMR, GO Smart/GO Executive, ruang belajar ber-AC, ruang diskusi, psikotes, buku revolusi belajar, rumus The King pengajar  berkualitas/professional ulum vaganza UN  Fiesta, evaluasi VAK passing grade SMA/PTN dan lainnya.
            “Kami memberikan yang terbaik bagi para peserta bimbingan belajar di GO,”tuturnya.
            Selanjutnya dia bercerita seputar awal berdirinya bimbingan belajar yang kini besar, berdiri di Kota bandung pada 1 Mei 1984, takni di tengah-tengah persaingan yang tajam dalam industri bimbingan belajar. Seiring dengan perjalanan waktu, berkat keuletan dan konsistensinya dalam menjaga kualitas, kini Ganesha Operation telah tumbuh bagai remaja tambun dengan 586 outlet yang tersebar di 210 kota besar se Indonesia.
Latar belakang pendirian lembaga ini adalah adanya mata rantai yang terputus dari link informasi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dengan dunia Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Posisi inilah yang diisi oleh Ganesha Operation untuk berfungsi sebagai jembatan dunia SLTA terhadap dunia PTN mengenai informasi jurusan PTN (prospek dan tingkat persaingannya), pemberian materi pelajaran yang sesuai dengan ruang lingkup bahan uji seleksi penerimaan mahasiswa baru dan pemberian metode-metode inovatif dan kreatif menyelesaikan soal-soal tes masuk PTN sehingga membantu para siswa lulusan SLTA memenuhi keinginan mereka memasuki PTN.
            Sejak itu pertumbuhan cabang-cabang Ganesha Operation benar-benar tidak terbendung. Image Ganesha Operation yang sangat kuat telah merambah ke seluruh Nusantara sehingga setiap cabang baru dibuka langsung diserbu oleh para siswa. Kalau pada saat pertama kali berdiri siswa Ganesha Operation masih sedikit dan hanya mencakup program kelas 3 SMU, kemudian dari tahun ke tahun jumlah siswanya terus bertambah. Saat ini untuk 1 (satu) tahun pelajaran jumlah seluruh siswa Ganesha Operation dapat mencapai sekitar 150.000   siswa, suatu jumlah yang sangat besar. Khusus untuk kelas 3 SMA, Ganesha Operation berhasil meluluskan lebih dari 10.000 siswanya setiap tahun di berbagai PTN terkemuka di Indonesia melalui SNMPTN.
            Khusus untuk wilayah Priangan Timur, lanjut Wawan Samsul Nugraha, kini Ganesha Operation membuka kantor cabang antara lain:        TASIKMALAYA: Jl.Tentara Pelajar No.59 - 61 Tlp.(0265) 323178 - 334933 Jl.R.E.Martadinata No.354 Tlp.(0265) 339451; SINGAPARNA: Jl.Raya Timur No.190 Rujak Gedang (sebelah Hotel Dewi Asri) Tlp.(0265) 548183) GARUT: Jl.Merdeka  No.75 Tlp.(0262) 238315 - Jl.Perintis Kemerdekaan No.1 Tlp. (0262) 231188 Jl.Raya Cihuni-Wanaraja No.04 BANJAR: Jl.Kapten Jamhur No.5 dan No.79  Tlp.(0265) 745385 - 563560 CIAMIS: Jl.Tentara Pelajar No.40 Tlp.(0265)776425CIAWI: Jl.Raya Perjuangan No.50 Tlp.(0265) 455233 KAWALI: Jl.Siliwangi No.305 Tlp.(0265) 791769.(ADE BACHTIAR ALIEF/RED MULYADI)***

Read more »

SDN 3 Cibalong Raih Prestasi Gemilang di O2SN Tingkat UPTD Pendidikan Cibalong



Tasikmalaya,LINTASPENA,-
Kepala Sekolah SDN 3 Cibalong Sajaah Setiawati,S.Pd.SD melalui staf guru Nurnahidah,S.Pd.M.Pd menjelaskan bahwa prestasi yang diperoleh siswa/siswi sekolah ini dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)   SD/MI  di tingkat UPTD Pendidikan Cibalong.
            “Dalam ajang O2SN tingkat UPTD Pendidikan Cibalong, sekolah ini  meraih sejumlah juara dengan berbagai hadiah dan tropi. Dengan prestasi gemilang yang diperoleh selama ini, berkat adanya kerja sama dan kerja keras para guru dan kepala sekolah,”jelasnya kepada LINTAS PENA belum lama ini.
            Adapun prestasi yang diraih dalam kegiatan 02SN Gugus 1 Cibalong antara lain : lomba pidato juara ke 2,lomba cerita bergambar juara ke 2,lomba nyanyi solo juara 1,lomba tari kreasi daerah juara 1,lomba melukis juara 1,lomba BTQ juara ke 3,lomba cipta puisi juara 1,lomba menulis cerpen juara ke 2,lomba syair juara ke 3,juara mendongeng juara ke 1,lomba pupuh juara 1,juara pantun pi juara 1.
            Hasil lainnya yang diperoleh dalam kegiatan 02SN Kecamatan Cibalong adalah lomba cipta puisi juara 1,lomba cerita bergambar juara ke 2,lomba nyanyi solo juara ke 3,lomba tari daerah juara ke 3,lomba biantara juara ke 1,lomba pupuh kreasi juara 1.Untuk juara 1 di kecamatan adalah Novia dalam lomba cipta puisi sedangkan lomba Biantara dibawakan oleh Nida Nurkamila dan pupuh kreasi dibawakan oleh 1.Nida Nurkamila 2.Ruli Zulyono 3.Vina Mulyati
            Nida Nurkamila salah satu siswi kebanggaan SDN 3 Cibalong   pernah juara 1 lomba pidato gugus pada tahun 2011-2012 dan juara harapan 2 lomba pidato di gebyar amanah  2013 serta pernah juara 3 lomba  pupuh kreasi di tingkat kabupaten bersama Ruli Zulyono.
“Saat ini kami sedang mempersiapkan untuk mengikuti Lomba Perpustakaan dan Lomba SD Sehat, “pungkasnya.(WARTONO)***

Read more »

Gubernur Banten Hj.Ratu Atut Chosiyah: Pesan Hari Kesehatan Se-Dunia “Waspadai Hipertensi”

Banten, LINTAS PENA
Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan se-Dunia ke-65 tahun 2013 tingkat Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi Banten memeriahkan peringatan tersebut dengan senam bersama yang dilaksanakan di Lapangan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kec.Curug, Minggu kemarin.Senam bersama unsur pemerintah, pelajar, masyarakat diikuti Gubernur Banten-Hj.Ratu Atut Chosiyah, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-H.Muhadi dan Asisten Daerah Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten-M.Husni Hasan.
            Pada kesempatan tersebut,  Gubernur Hj.Ratu Atut Chosiyah mengajak kepada seluruh masyarakat Banten untuk senantiasa menyadari bahwa kesehatan adalah merupakan karunia bagi kita yang harus senantiasa kita jaga dengan berprilaku hidup sehat di antaranya adalah melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
            Tema pada Hari Kesehatan Sedunia tahun 2013 ini adalah ‘waspadai hipertensi kendalikan tekanan darah (blood pressure take control)’. Tema tersebut mempunyai tujuan untuk memberikan kesadaran terhadap dampak dan tantangan kesehatan akibat meningkatnya penyakit hipertensi di masyarakat dengan fokus pada penyadaran untuk berperilaku hidup sehat agar dapat tercegah terjadinya hipertensi sehingga dapat memperpanjang harapan hidup manusia.
            “Hal yang saat ini sedang mengemuka, salah satunya penyakit yang tidak menular yaitu penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang jangan pernah dianggap biasa dikarenakan penyakit yang tidak menular di Indonesia ini menurut data adalah memiliki potensi luar biasa yang menyebabkan kematian bahkan masuk dalam urutan ketiga dari sepuluh penyakit yang mengakibatkan banyak kematian saat ini” ujar Gubernur.
Pada kesempatan ini, Gubernur Banten mengajak kepada aparatur Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan masyarakat Banten untuk sama-sama melakukan pencegahan. Pemerintah juga harus berperan optiomal terhadap peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, ketersediaan tenaga medis yang memadai dan memberikan kemudahan terhadap rakyat Banten untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara umum, khususnya pemeriksaan tekanan darah.
            Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten-Djaja Budi Suharja menjelaskan bahwa pada hari ini diperingati Hari Kesehatan se-Dunia yang ke-65 yang tahun ini mengambil tema mewapadai hipertensi. “Melalui kegiatan ini diharapkan tujuan untuk meningkatkan upaya penyadaran masyarakat dalam menjaga kualitas kesehatan diri terhadap hipertensi melalui pola hidup sehat, deteksi dini dan lingkungan yang mendukung dapat dicegah sehingga gangguan penyakit lain yang disebabkan tekanan darah seperti serangan jantung, stroke dan ginjal dapat diwaspadai” ujarmya
            Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyebab dan akibat hipertensi, serta mendorong masyarakat untuk mengubah perilaku kurang sehat yang beresiko menimbulkan hipertensi, Kepala Dinas Kesehatan mendorong masyarakat untuk secara rutin memeriksakan tekanan darah secara berkala dan memintakan saran dari dokternya. (NUR)***


Read more »

BPBI Abiyoso Adakan Pelatihan Baca Tulis Braile Arab Bagi Tuna Netra Non-Panti

Kota Tasik, LINTAS PENA
Semangat membina para tuna netra sebenarnya melunturkan lebih dulu dalam kebijakan Balai Penerbitan Braile Indonesia )BPBI) Jawa Barat. Namun sepertinya pemangku kebijakan meyakini urgensinya patut digunakan di kota/Kabupaten Tasikmalaya, karena masih banyak para penyandang cacat tuna netra yang belum bisa baca tulis  Al Quran, terutama para penyandang cacat penglihatan yang tidak tercover oleh panti atau non-panti.
                Hal itu disampaikan Hendra selaku pengurus BPBI Jawa Barat  disela-sela acara “Pelatihan Masyarakat Bidang Baca Tulis Arab Braille bagi Orang dengan Kecacatan (ODK) Netra Non-Panti” yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI, pekan kemarin di Hotel Mangkubumi.
                “Kegiatan pelatihan tersebut sengaja dicanangkan pemerintah adar masyarakat yang penyandang cacat tuna netra bisa tahu dan paham baca tulis Al Quran melalui huruf arab Braille.”Yang penting, kegiatan ini diharapkan tidak hanya sekedar pelatihan, tetapi hingga ada pemahaman pelaksanaan sampai berimbas bisa tahu baca tulis Al Quran huruf arab brille. Pesertanya sebanyak 24 orang dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya,”ujar Hendra.
Kegiatan “Pelatihan Masyarakat Bidang Baca Tulis Arab Braille bagi Orang dengan Kecacatan (ODK) Netra Non-Panti” dibuka oleh Ketua BPBI Jawa Barat dan dihadiri  Kepala Dinas Sosial Tenagara Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya H.Imih Misbahul Munir memberikan respon positif pada pelatihan tersebut.”Kami sangat menyambut baik dengan adanya pelaksanaan kegiatan pelatihan baca tulis Arab bagi para penyandang penglihatan atau tuna netra yang ada di Kota/Kabupaten Tasikmalaya,”ujarnya.(MUMUH MUHLIS)***


Read more »

Pilkades Mekarwangi Cisayong Dimenangkan oleh Tatang Hermawan


Kab.Tasik, LINTAS PENA
Ketua Panitia Pilkades Mekarwangi H.Abu Yusup menjelaskan, bahwa pesta demokrasi yang digelar warga Desa Mekarwangi diikuti oleh 4 calon yang masing-masing punya kans kuat. Namun demikian, warga desa telah mempercayakan dan memilih Tatang Hermawan yang menjabat Kepala Desa Mekarwangi untuk periode 2013-2018.
                “Jumlah hak pilih sebanyak 3,673 orang. Hasil perhitungan suara, ternyata Pak Tatang Hermawan yang terpilih dengan memperoleh 1.227 suara,  kemudian disusul olehAgus BE meraih 706 suara, Deded Cahyadi 293 dan Ropik 239 suara,”ujar H.Abu Yusup seusai pilkades.
                Sementara itu, Tatang Hermawan sebagai Kepala Desa Mekarwangi terpilih mengatakan, karena kali pertama memimpin pemerintahan desa. Maka langkah awal setelah dilantik nanti yakni menata atau membenahi di internal
                “Kepercayaan masyarakat memilih saya untuk menjalankan pemerintahan desa, tentunya tak akan saya sia-siakan, juga akan berusaha memberikan layanan dan pelayanan  yang terbaik, menggali potensi yang ada di desa kami, juga membangun Desa Mekarwangi ke  arah kemajuan.”Dukungan  dari seluruh elemen masyarakat sangat saya butuhkan untuk mewujudkan semua itu, terutama melaksanakan program kerja dan pembangunan,”paparnya.(JOHAN ROHANI)***

Read more »

Pilkades Karangresik, Utang Saepuloh Ungguli Sang Istri

Kab.Tasik, LINTAS PENA
Selain di Pilkades  Banyurasa, ternyata pasangan suami istri yang tampil di pesta demokrasi itu  pada Pilkades  Karangresik Kec.Jamanis, yakni  Utang Saepuloh dan Rohimah Nurjanah. Walaupun pasangan suami istri yang tampil, Pilkades Karangresik ini cukup meriah, meski Utang Saepuloh memperoleh suara yang unggul. Pelaksanaan pilkades di desa ini dihadiri unsure Muspika Kec.Jamanis, anggota DPRD Kab.Tasikmalaya Hj.Titin, Tim Pemantau Pilkades Kabupaten tasikmalaya, pengurus BPD, LPM dan undangan lainnya.
                “Karena tak ada calon lain yang maju,maka istrinya Pak Utang Saepuloh turut mencalonkan diri dan menjadi rivalnya. Namun yang unggul tetap saja suaminya, karena memperoleh 1.796 suara dan Bu Rohimah hanya 291 suara, serta yang blangko 18 suara. Sedangkan suara hak pilih sebanyak 3.597 orang,”ujar Ustadz Pudoli, Ketua Panitia Pilkades didampingi sekretaris Iwa Kartiwa SPd MPd dan bendahara Enting.
                Karena calon kades yang tampil pasangan suami istri, kata Ustadz Pudoli, maka pelaksanaan Pilkades Karangresik  berlangsung aman tertib dan lancar.  Justru suasana pilkades ini lebih meriah dengan adanya panggung dangdut  untuk menghibur warga saat melaksanakan pencoblosan dan penghitungan suara.
                Ketika ditanya LINTAS PENA usai penghitungan suara dan terpilih sebagai Kepala Desa Karangresik, Utang Saepuloh menjelaskan bahwa dia hanya melanjutkan program kerja dan pembangunan yang sudah berjalan.”Alhamdulillah, selama menjabat kepala desa periode kemarin, dukungan masyarakat sangat bagus, terutama dalam kaitannya dengan program kerja dan menggarap pembangunan. Tak ada kendala. Kecuali itu, kami akan terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang telah memberikan amanah kepada saya dalam menjalankan roda pemerintahan Desa Karangresik ini,”paparnya.(JOHAN ROHANI)***

Read more »

MI Cintamulya Berterima Kasih Menerima Bantuan Ruang Perpustakaan

Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA
Warga pendidikan di MI Cintamulya Desa Linggarjati Kec.Sukaratu Kab.Tasikmalaya mengaku bersyukur, karena madrasah yang dipimpin Nunung Nurhasanah SPd.I, M.MPd menerima bantuan dari pemerintah cq.Kementerian Agama untuk membangun ruang perpustakaan, yang selama ini sangat dibutuhkan para peserta didiknya.
                “Alhamdulillah, madrasah kami menerima bantuan dari Kemenag pusat untuk membangun ruang perpustakaan. Karena itu, kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang peduli dengan mengucurkan bantuan untuk pembangunan sarana ruang perpustakaan,”ungkap Nunung Nurhasanah SPd.I, M.MPd kepada LINTAS PENA.
                Dengan adanya ruang perpustakaan ini, menurutnya, memang sangat dibutuhkan para peserta didik di MI Cintamulya untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan maupun prestasi akademik mereka.
                “Jadi adanya ruang perpustakaan ini, selain bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, juga koleksi buku perpustakaan yang berserakan bisa tersusun rapi sehingga anak-anak bisa betah saat membaca buku-buku yang ada,”tutur Kepala MI Cintamulya.(JOHAN ROHANI)***



Read more »

Kondisi Bangunan DTA Baitul Mustaqim Singkursari Memprihatinkan


Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA
Kondisi bangunan milik DTA Baitul Mustaqim di Kampung Singkursari Desa Santana Mekar Kec.Cisayong sungguh sangat memprihatinkan dan bahkan nyaris ambruk, terutama sejak terkena dampak gempa bumi beberapa waktu lalu. Padahal, madrasah yang didirikan tahun  1975 oleh  Aj.Oding Ali Nurdin ini sangat dibutuhkan warga masyarakat, misalnya sore untuk kegiatan sekolah agama dan maghrib untuk mengaji.
                “Kami khawatir, kalau bangunan madrasah ini tiba-tiba ambruk  dan menimpa anak-anak yang tengah belajar, yang jumlahnya sebanyak 65 santri.”ungkap Ustadz Dede Saefulmillah, pimpinan DTA Baitul  Mustaqim kepada LINTAS PENA.
                Sejak awal berdiri, menurut Ust.Dede, madrasah yang dipimpinnya tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah. Namun, ketika saat ini kondisi bangunan berukuran 8 x 7 meter  yang  hendak ambruk dan memprihatinkan,  tentunya membutuhkan bantuan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) untuk memperbaikinya, termasuk untuk bangunan kobong (asrama) bagi para santri.
                “Kami mohon bantuan pemerintah untuk memperbaiki ruang kelas kegiatan belajar mengajar anak DTA dan asrama untuk para santri yang mukim,”ujar Ustadz Dede Saifulmillah mengakhiri obrolan. (JOHAN ROHANI)***

Read more »

E Sahri Terpilih Sebagai Kepala Desa Nusawangi Cisayong



Kab.Tasik, LINTAS PENA
Proses pemilikan kepala desa di Desa Nusawangi Kec.Cisayong  yang dihadiri unsur Muspika, pengurus BPD dan LPM serta undangan itu berlangsung aman, tertib dan lancar sesuai harapan. Setelah melalui proses perhitungan suara yang  alot ,,akhirnya E.Sahri terpilih sebagai Kepala Desa Nusawangi dengan memperoleh 1.024 suara, mengungguli Holis SE yang meraih 888 suara dan Sujana 198 suara.
                Setelah mengetahui, bahwa dirinya terpilih menjadi Kepala Desa Nusawangi, maka E.Sahri pun mengucap syukur karena mendapat “amanah” kepercayaan dari masyarakat untuk menjalankan roda pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan di segala bidang, dan terutama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
                “Insyaallah, saya akan menjalankan amanah yang telah diberikan warga Desa Nusawangi. Namun tentunya, saya membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, serta bantuan pemerintah terutama kaitannya dengan pembangunan sarana fisik di desa kami,”ujar E.Sahri di rumahnya.(JOHAN ROHANI)***

Read more »

Drs Dadi Kasimuradi Terpilih Jadi Tepala Desa Tawang Banteng


Kab.Tasik, NUANSA POST
Warga masyarakat Desa Tawangbanteng Kec.Sukaratu pun menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa dengan tiga calon yang tampil, yakni Suryana, Asep dan Drs,Dadi Kasimuradi. Pelaksanaan pilkades yang dihadiri unsur Muspika Sukaratu, pengurus BPD, LPM, tim pemantau  pilkades dari kabupaten  dan undangan lain berlangsung di halaman balai desa berlangsung aman, tertib dan lancar
“. Kami selaku panitia pilkades mengucapkan terima kasih kepada para panitia dan masyarakat yang telah mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pilkades secara demokratis, dan kini telah terpilih Drs.Dadi Kasimuradi sebagai Kepala Desa Tawangbanteng,”jelas Entoh Salatin SPd, Ketua Panitia  Pilkades Tawangbanteng
Setelah mengetahui dirinya terpilih sebagai Kepala Desa Tawangbanteng periode 2013-2018, Drs.Dadi Kasimuradi kepada NUANSA POST  mengaku siap untuk melaksanakan tugas dan melaksanakan amanah  yang diberikan warga dalam menjalankan roda pemerintahan desa, secara berkesinambungan melaksanakan pembangunan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.”Insyaallah saya akan melaksanakan tugas dan fungsi serta amanah sebagai Kepala Desa Tawangbanteng,”tuturnya. (J.ROHANI/RONI RUSLIYANTO)****
               

Read more »

Pilkades Desa Banyurasa Nanang Romli Ungguli Sang Istri



Kab.Tasik, LINTAS PENA
Karena tak ada calon lain yang maju pada pemilihan Kepala Desa Banyurasa Kec.Sukahening, maka Nanang Romli pun menggandeng “sang istri” tercinta Wiwin Herawati untuk tampil menjadi rivalnya.
Walaupun sempat menegangkan dan deg-degan, tetapi akhirnya Nanang Romli kembali terpilih sebagai Kepala Desa Banyurasa yang meraih 2.352 suara mengungguli istrinya 241 suara.
                “Pada saat  dipanggung dan perhitungan suara, saya sempat degdegan juga, karena harus menghadapi rival yang serumah.”ungkap Nanang Romli sembari tersenyum.
                “Namun masyarakat optimis, kalau Pak Nanang Romli akan meraih suara terbanyak untuk kembali memimpin pemerintahan Desa Banyurasa periode mendatang,”ungkap Saeful Hidayat SPd, Ketua Panitia Pilkades Banyurasa kepada LINTAS PENA.
                Dengan kembali terpilihnya Nanang Romli, tentunya masyarakat berharap roda pemerintahan Desa Banyurasa akan berjalan mantap, pembangunan yang belum tuntas semasa kepemimpinnnya dapat dilanjutkan, program kerjanya lebih dimantapkan lagi termasuk pelayanan kepada masyarakat.
Selama ini, masyarakat mengakui keberhasilan kepemimpinan Nanang Romli menjabat Kepala Desa banyurasa  yang banyak mengalami kemajuan di segala bidang.
                ‘”Dengan pengalaman kemarin, saya akan melanjutkan program kerja dan pembangunan yang belum tergarap,”tutur Nanang Romli mengakhiri obrolan,(JOHAN ROHANI)***

Read more »


Kab.Tasik, NUANSA POST
Abdul Kholik SH akhirnya terpilih kembali sebagai Kepala Desa Rancapaku untuk menjalankan roda pemerintahan desa, kemudian melanjutkan pembangunan dan program kerja  dia yang belum selesai pada periode kemarin. Harapan masyarakat, pembangunan di Desa Rancapaku yang belum seluruhnya tergarap, akan segera selesai dan bahkan semakin maju.
                “Jadi, saya hanya akan melanjutkan pembangunan yang periode kemarin belum selesai, kemudian program kerja yang lebih mantap lagi dalam melaksanakan roda pemerintahan desa maupun pembangunan, juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih dioptimalkan,”tutur Abdul Kholik SH di rumahnya.
                Abdul Kholik mengakui, selama periode kemarin menjabat Kepala Desa Rancapaku, ternnyata dukungan masyarakat sangat besar terutama dalam upaya mewujudkan pembangunan fisik.” Dengan semangat gotong royong, warga desa kami  mendukung program kerja dan pembangunan yang kami garap selama ini,”tuturnya.
                Pada periode 2013-2018 pun, Abdul Kholik tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, juga bantuan dari pemerintah dalam kaitannya dengan dana yang dibutuhkan untuk membangun desa yang dipimpinnya.
                Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Rancapaku  Didin Saripudin menjelaskan, bahwa Abdul Kholik SH saat perhitungan suara memperoleh 3.215 suara, disusul oleh Uju yang meraih 564 suara dan Tarwan hanya meraih 391 suara serta 100 suara yang tidak sah.”Kebanggaan kami, bahwa pelaksanaan Pilkades Rancapaku berjalan aman, tertib dan lancar karena tidak mengalami berbagai kendala.”paparnya.(J.ROHANI/RONI RUSLIYANTO)***

Read more »

Yudi Cahyudin Terpilih Jadi Kepala Desa Peradaban Cisayong


Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA
Setelah melalui pemungutan suara dan perhitungan suara yang alot, akhirnya Yudi Cahyudin yang mengusung jargon “CISAYONG” (Cinta Sahabat Yudi Gotong Royong) terpilih sebagai Kepala Desa Cisayong periode 2013-2016 yang merupakan salah satu Desa Peradaban di Kab.Tasikmalaya. Dia berhasil mengungguli dua rivalnya yakni Maman Supratnab dan Memet Ruhimat pada Pilkades Cisayong hari Minggu kemarin.
            “Alhamdulillah, saya mendapat kepercayaan dan warga masyarakat untuk memimpin dan menjalankan roda pemerintahan Desa Cisayong. Insyaallah, saya akan menjalankan amanah dari masyarakat, dan tentunya saya mengucapkan terima kasih atas dukungannya kepada seluruh warga,”ujar Yudi Cahyudin seusai pemilihan kepala desa.
            Yudi Cahyudin mengusung visi "TERWUJUDNYA DESA CISAYONG SEBAGAI DESA YANG MANDIRI, UNGGUL DAN BERMARTABAT ( BERSIH, MAKMUR, TAAT DAN BERSAHABAT )" akan berusaha mewujudkannya dan tentunya akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga desanya.
            “Namun demikian, saya mohon bantuan dan dukungan dari perangkat desa bersama seluruh elemen masyarakat desa untuk mewujudkannya sesuai visi misi Desa Cisayong, sehingga pemerintahan desa bisa berjalan lancar terutama dalam hal pembangunan di segala bidang,”paparnya.(JOHAN ROHANI)***

Read more »

Banten, Jabar dan DKI Ikut Rakor JCSD dan MPA

Jakarta, LINTAS PENA
Kementerian Perekonomian pagi ini, Rabu (6/3), menggelar rapat koordinasi (rakor) tentang Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS) dan Metropolitan Priority Areas (MPA). Selain dihadiri Gubernur DKI Jakarta-Joko Widodo (Jokowi), rapat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian-Hatta Rajasa tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Barat-Ahmad Heriawan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-H.Muhadi, Menteri Pekerjaan Umum (PU)-Djoko Kirmanto dan Menteri Kehutanan-Zulkifli Hasan di Ruang Mahakam, Gedung AA.Maramis II, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.
         Rapat berlangsung tertutup sejak pukul 07:00 hingga 10:00 WIB. Berdasarkan informasi yang dihimpun LINTAS PENA, salah satu agenda pembahasan dalam rakor adalah mengenai rencana pembangunan Giant Sea Wall atau Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS).
      Di antara tujuan rencana pembangunan JCDS dan MPA ini adalah terciptanya lingkungan perkotaan yang lebih baik, pengembangan energi low carbon atau penghematan energi, serta adanya sub-koridor pertumbuhan baru di Jabodetabek.(hms/din/maswi).


Read more »

Gubernur Banten Melantik Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Wakil Bupati Hermansyah,Periode 2013-2018



Kab.Tangerang,LINTAS PENA
Sebelumnya Sekretaris DPRD Kabupaten Tangerang-Ahmad Taufik membacakan Surat Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang masa jabatan/periode 2013-1018 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah disahkan pada 26 Februari 2013.
       Dalam sambutannya Gubernur Hj.Ratu Atut Chosiyah,SE mengapresiasi bahwa Bupati Tangerang terpilih, Ahmed Zaki Iskandar dan Wakilnya Hermansyah periode 2013-2018 diyakini mempunyai idealisme dan komitmen untuk membangun daerahnya demi sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakatnya. “Oleh sebab itu, kepercayaan yang diberikan rakyat kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih harus dapat diimplementasikan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tangerang dengan menitikberatkan kepada kesejahteraan masyarakat” ujar Atut
      Sesuai dengan amanat Undang–Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) menerangkan bahwa dalam penyusunan RPJMD, Kabupaten Tangerang harus dapat bersinergi dengan RPJMD Provinsi Banten dan RPJM Nasional, sebagai wujud negara kesatuan dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip perencanaan pembangunan daerah dan nasional.
          Pada momentum yang berharga ini pula, Gubernur Hj.Ratu Atut Chosiyah,SE mengajak Bupati dan Wakil Bupati Tangerang periode 2013-2018 untuk sungguh-sungguh memahami tugas pokok, fungsi serta kedudukan masing–masing dengan meningkatkan koordinasi, kebersamaan dan sinergi agar dapat melahirkan pokok-pokok pikiran yang konstruktif, karena pembangunan tidak dapat berjalan sendiri, membutuhkan kerja keras dan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat, serta membutuhkan integritas dan komitmen aparatur penyelenggara pemerintahan agar dapat memelihara serta menjaga kesinambungan pembangunan, pelayanan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, sehingga diharapkan mampu mewujudkan pembangunan masyarakat Banten secara utuh.
      Gubernur berpesan agar Bupati dan Wakilnya kompak dalam melaksanakan tugas. Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati periode sebelumnya yaitu Ismet Iskandar, yang telah memimpin Kabupaten Tangerang dua periode dengan baik. “Kepada Bupati baru semoga dapat mengelola potensi yang ada untuk kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat” harap Gubernur.
Acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang periode 2013-2018 disaksikan pula olah Bupati sebelumnya yaitu Ismet Iskandar dan istri Chandra Elia, hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)-Roy Suryo, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-H.Muhadi dan Anggota DPR RI-Hikmat Tomet. (din/maswi).

Read more »

H.Iyus Yusuf Suptandar,BBA Dilantik Sebagai Ketua Kadin SHIA


Kota Tangerang,LINTAS PENA
Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Soekarno-Hatta Internasional Airport (SHIA) dilantik. Prosesi pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Banten-H.Tb.Chaeri Wardana di Hotel Sheraton Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Kamis (28/3).Pengukuhan sejumlah bidang kepengurusan asosiasi yang menaungi para pengusaha di wilayah Banten ini juga turut dihadiri Gubernur Provinsi Banten-Hj.Ratu Atut Chosiyah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten Raden Dadie  dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten.
            Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Kadin Provinsi Banten Nomor SKEP/015/DP/KADIN-BANTEN/VIII/2012 tentang Susunan dan Komposisi Dewan Penasihat, Dewan Pertimbangan, dan Dewan Pengurus Kamar Dagang Dan Industeri Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Masa Bhakti 2012-2017 tertanggal 14 November 2012 dan hasil verifikasi pada musayawarah Kadin Banten yang mengacu pada Pasal 36 Anggaran Rumah Tangga (ART) Kadin Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 17 tahun 2010 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kamar Dagang dan Industri.
            Adapun para pengurus yang dilantik dan dikukuhkan sebanyak 84  anggota kepengurusan dengan Ketua Kadin SHIA-H.Iyus Yusuf Suptandar,BBA  dengan 18 wakil ketua yang mengurusi berbagai bidang dan 1 orang sekertaris eksekutif.
            Gubernur Hj.Ratu Atut Chosiyah berharap sebagai organisasi yang menaungi para pengusaha Kadin Bandara Soekarno Hatta agar dapat menjadi wahana silaturahmi, serta berbagi pengetahuan, informasi dan pengalaman positif dalam rangka mewujudkan kemajuan perekonomian di Provinsi Banten. “Saya menyambut baik dan menyampaikan ucapkan selamat kepada para pengurus yang dilantik, semoga dapat mengemban amanah atau tugas pengabdian dengan sebaik-baiknya, dalam rangka kemajuan organisasi, maupun peningkatan perekonomian daerah” katanya.
            Sementara itu Ketua Kadin Provinsi Banten-H.Tb.Chaeri Wardana mengatakan Pengurus Kadin SHIA harus dapat bekerja secara profesional dan dapat meningkatkan kemampuan manajerialnya dengan mengembangkan IT mengingat era dewasa ini IT sangat berperan penting dalam menunjang kemajuan berorganisasi sehingga dapat diterima oleh Otoritas Bandara Soekarno Hatta sehingga hal tersebut dapat memberikan keuntungan tersendiri. “Para Pengurus Kadin Bandara Soekarno Hatta harus dapat berkerja secara profesional sebagaimana aturan main yang telah ditentukan Otoritas Bandara Soekarno Hatta sehingga dapat Kadin dan Otoritas Bandara dapat bersama-sama mendapat keuntungan dan berkontribusi bagi pembangunan” harapnya.
            Ketua Kadin SHIA-H.Iyus Yusuf Suptandar,BBA juga menjelaskan bahwa susunan Dewan Pengurus Kadin SHIA sudah melalui verifikasi dengan personil masih diplot dari Kadin Provinsi Banten dan dari Kadin Kabupaten/Kota Tangerang, tetapi ke depan Kadin SHIA harus benar-benar diisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan manajerial dalam menjalankan roda organisasi.“Saya berharap orang-orang yang duduk dalam Kepengurusan Kadin SHIA benar-benar memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalankan roda organisasi. Apalagi mereka sudah mengisi Pakta Integritas sebagai bukti memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalankan organisasi Kadin SHIA” kata H.Iyus.
            H.Iyus yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Provinsi Banten Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Tata Laksana menambahkan bahwa agenda Kadin SHIA dalam waktu dekat adalah mengadakan rapat internal organisasi setiap bulannya guna mengevaluasi kinerja Dewan Pengurus serta mengisi informasi kegiatan Kesekretariatan melalui website yang bisa diakses oleh publik dalam menyampaikan berbagai informasi tentang kegiatan ekonomi di Bandara Soekarno Hatta.
            Kemudian pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Kadin SHIA dengan Disbudpar Provinsi Banten tentang promosi pariwisata Banten dan PT.Banten Global Development (BGD) mengenai kerjasama pengembangan usaha di Bandara Soekarno Hatta, kemudian kerjasama dengan PT Dahlia Tamaprima tentang pengelolaan jamaah haji plus dan umrah, kemudian kerjasama dengan Asuransi Jiwa Sinarmas tentang pemasaran produk asuransi kerugian, dengan dan terakhir kerjasama dengan Asuransi Reguard tentang asuransi Cargo.
            Pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Kadin Bandara Soekarno Hatta ini dihadiri Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I dari Ditjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan RI-Adi Kanrio Dayanun.(Ahmadin/maswi)***

Read more »

SMPN 19 Tasikmalaya Jadi Tuan Rumah Presmian Pembangunan Kec.Indihiang


Kota Tasik, LINTAS PENA
Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman meresmikan sejumlah proyek hasil pembangunan di wilayah Kec.Indihiang untuk tahun anggaran 2012 yang berlangsung di kampus SMPN 19 Kota Tasikmalaya, hari Selasa kemarin.Pada kesempatan itu tampak hadir Wakil Walikota Ir.H.Dede Sudrajat MP, Sekretaris Daerah H.Idi S.Hidayat SH, MSi, Kepala Kejaksaan Negeri Tasikmalaya, Danramil,Polsek dan unsure Muspika Kecamatan , warga SMPN 19 Kota Tasikmalaya dan undangan lainnya.
                Kepala SMPN 19 Tasikmalaya Ade Suminat SPd MPd mengaku bersyukur dan gembira, karena kampusnya dijadikan tempat peresmian pembangunan di wilayah Kecamatan Indihiang, sehingga Walikota Tasikmalaya dapat mengunjungi keberdaan sekolah yang dipimpinnya secara langsung.
                “Kami warga sekolah tentunya gembira, mudah-mudahan kehadiran Bapak Walikota dan para pejabat serta undangan lainya bisa membawa dampak positif, sehingga sekolah kami dapat dikenal oleh kalangan luas. Pak Walikota pun bila melihat fasilitas,sarana prasarana yang dimiliki SMPN 19 Tasikmalaya yang cukup memadai.”ujarnya.
                Bahkan walikota pun, lanjut Ade Sumirat SPd MPd, dapat mengetahui  para tenaga pendidik di SMPN 19 Tasikmalaya yang handal dan siap memajukann dunia pendidikan yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya.(ADE BACHTIAR ALIEF)***

Read more »

Sekdis Pendidikan Kota Tasikmalaya Menutup Resmi O2Sn dan FLS2N



Kota Tasik, LINTAS PENA
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota tasikmalaya Budiaman Sanusi S.Sos menutup resmi pelaksanaan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) se-Kota Tasikmalaya yang diikuti oleh para pelajar berprestasi, mulai tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Acara penutupan tersebut berlangsung di aula Dinas Pendidikan yang dihadiri seluruh kabid, para kepala sekolah dan pelajar yang menjadi peserta.
                “Kami berharap, para peserta yang meraih prestasi O2Sn dan FLS2N tingkat Kota Tasikmalaya mampu unjuk bicara di event  serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat sampai  nasional, sehingga  dapat membawa harum nama Kota Tasikmalaya. Dan jangan lupa agar senantiasa  menjunjung tinggi sportivitas,”ungkap Budiaman Sanusi S.Sos dalam kata sambutannya
                Budiaman menjelaskan, bahwa pelaksanaan O2SN dan FLS2N bukan semata-mata hanya untuk digelar, tetapi sebagai ajang meningkatkan esensi untuk meningkatkan dan memperbaiki prestasi yang lebih baik “ Selain untuk ajang motivasi bagi siswa dan guru dalm meraih prestasi baik secara akademik maupun non akademik, pelaksanaan O2SN dan FL2SN tersebut menjadi ajang sirahturahim bagi seluruh siswa dan guru se Kota Tasikmalaya.Yang jelas, para siswa berusaha bersaing secara sportif agar bisa maju ke jenjang yang lebih tinggi lagi, yaitu pada O2SN dan FL2SN tingkat provinsi,”ujarnya tuturnya.
                Sementara itu, Kasi Bina Prestasi Dina Pendidikan Kota Tasikmalaya Drs.Asep Sunarlan menjelaskan, bahwa untuk hasil kejuaraan O2SN dan FLS2N tingkat sekolah dasar untuk juaranya antara lain: Juara 1 diraih oleh UPTD Pendidikan  Cihideung, Juara 2 oleh UPTD Pendidikan Tawang dan Juara 3 oleh UPTD Pendidikan Cipedes. Kemudian untuk tingkat SMP yakni Juara 1 diraih oleh SMPN 3 Kota Tasikmalaya, Juara 2 diraih oleh SMPN 8 Kota Tasikmalaya dan Juara 3 diraih oleh SMPN 2 Kota Tasikmalaya. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK untuk Juara 1 diraih oleh SMAN 1 Kota Tasikmalaya, Juara 2 oleh SMAN 2 Tasikmalaya dan Juara 3 diraih oleh SMAN 5 Kota Tasikmalaya.(ADE BACHTIAR ALIEF)***


Read more »

KH Asep Marpu Mubaligh dari Cibalarik Yang Peduli Dunia Pendidikan


Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA
KH Asep Marpu selama ini dikenal sebagai mubaligh terkenal dari Kampung Lemah Neundeut Desa/Kec.Cibalanarik, Kab.Tasikmalaya ini sering mendapat undangan dari masyarakat untuk memberikan tauziah baik di majelis taklim, acara pernikahan/khitanan maupun hari besar Islam lainnya.
Dan disela-sela kesebukannya sebagai mubaligh, KH Asep  Marpu sangat memperhatikan kemajuan dunia pendidikan di kampungnya, maka  berdirikan lembaga pendidikan PAUD Kober Al Ikhlas, serta TKA/TPA.
                “Walau bagaimanapun, pendidikan bagi masyarakat itu sangat penting, terutama bagi anak anak usia  dini baik pendidikan agama maupun pendidikan umum.”ungkapnya.
                Bukti kepeduliannya terhadap dunia pendidikan tersebut, KH Asep Marpu mendidikan lembaga pendidikan  TKA/TPA dan PAUD Kober Al Ikhlas, dan ketika LINTAS PENA menyambangi mubaligh ini telah menyelesaikan  bangunan barunya berkuran 12 x 7,5 meter yang menghabiskan anggaran Rp.70 juta. Dana untuk membangun pun diperoleh dari hasil  jerih payahnya berceramah, dukungan keluarga, dan terutama masyarakat.
                Dalam upaya mendukung kemajuan pendidikan di kampungnya, KH Asep Marpu berharap kepada Pemkab Tasikmalaya untuk memperbaiki sarana jalan yang kondisinya rusak parah, terjal dan licin bila turun hujan. “Kondisi jalan yang rusak ini sangat mengkhawatirkan  bagi warga, terutama bagi wanita hamil yang hendak melahirkan pada malam hari yang harus dibawa ke rumah sakit,”ungkapnya.(ADE BACHTIAR ALIEF)***

Read more »

Felia Febriana Kayuni “Pelajar SDN Lengkongsari UnjukKabisa di Lomba Biantara Basa Sunda”


KotaTasik, LINTAS PENA
Felia Febriana Kayuni adalah pelajar kelasVI SDN Lengkongsari yang merupakan putri kesayangan dari pasangan suamiistri Dedi dan Ny.Yeni ini berunjuk kabisa pada Lomba Biantara Basa Sunda Tingkat Kota Tasikmalaya yang berlangsung 4April 2013 di kampus SMA Pasundan    Jl.Sukarindik.
                Pada Lomba  Apresiasi  Seni  Sunda bidang Biantara Basa Sunda ini mengambil thema “Ngamumule Budaya Sunda Pikeun Ngaronjatkeun  Atikan” hasilkarya Kiki Uskiah SPd yang juga Kepala  SDN Lengkongsari.
                “Alhamdulillah, sekolah kamimenjadi utusan dari UPTD Pendidikan Tawang  ke tingkat Kota Tasikmalaya,karena ananda Felia  Febriana Kayumi berhasil  menjadi Juara I mengungguli peserta Lomba Biantara Basa Sunda dari 34 SD/MI pada lomba serupa ditingkat UPTD beberapa waktu yang lalu,”ujar Kiki  Uskiah SPd kepada LINTAS PENA disela-sela  acara.(ADE BACHTIAR ALIEF)***


Read more »

Dra Hj Nunung Kartini MPd KB “Tanggung Jawab Suami Istri”

Kota Tasik, LINTAS PENA
Meskipun keterbatasan tenaga medis dan tempat, tetapi sebanyak 40 orang warga Kec.Indihiang Kota Tasikmalaya turut mensukseskan keluarga berencana (KB), dengan mengikuti pelaksanaan program pemasangan alat KB Implant dan IUD.
                Hal itu  diungkapkan Kepala Kantor KPP dan BKKBN Kota Tasikmalaya Dra.Hj.Nunung Kartini MPd disela-sela menghadiri acara peresmian pembangunan di wilayah Kec.Indihiang tahun anggaran 2012 yang berlangsung di kampus SMPN 19 Kota Tasikmalaya. Pada hari Selasa kemarin. “Untuk program KB  tahun 2013 ini masih didiminasi kaum perempuan dan peserta KB laki-laki hanya sekitar 5 persen.Padahal, KB ini merupakan tanggung jawab suami istri,”paparnya.
                Dra.Hj.Nunung Kartini MPd berharap,alangkah adilnya apabila istrinya tidak mungkin ber-KB, maka suaminya yang ber-KB atau mengikuti MOP istilah untuk KB laki-laki.”Kalau ikut program KB, selain dapat menekan  jumlah laju pertumbuhan anak, bahkan idealnya bisa melangsungkan pendidikan anak, kesehatan terjaga dan juga menjadi penguatan dari sisi ekonomi,”tuturnya.(ADE BACHTIAR ALIEF)***



Read more »

Pengurus Ormawa Universitas Siliwangi Menggelar Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa

Kota Tasik, LINTAS PENA
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diluncurkan DP2M DIKTI dengan yujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin yang mandiri dan arif. Dalam hal ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk memimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandiriannya melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmunya masing-masing.
                Demikian diungkapkan Prof Dr.Ir.Ronny Rachman Noor MRur.Sc dari IPB Bogor dalam acara Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya bagi pengurus Organisasi Mahasiswa (ORNAWA) Unsil tahun 2013 yang berlangsung pada 6 April 2013
                “Sampai saat ini terdapar enam jenis kegiatan PKM yang ditawarkan yakni PKM Penelitian, PKM Penerapan teknologi, PKM Kewirausahaan, PKM Pangabdian Masyarakat dan PKM Artikel Ilmiah, dan PKM Gagasan Tertulis.Program-program PKM yang telah lolos seleksi,dievaluasi pelaksanaannya dan dinyatakan layak akan diundang ke Pekan Ilmiah Nasional untuk dievaluasi lebih lanjut,”paparnya.
                Pembicara lain pada acara pelatihan PKM tersebut antara lain Bambang Heru Budianto dan Rostaman dari Universitas Jenderal Soedirman  memaparkan “Kiat Penyusunan Proposal PKM yang Unggul” serta Hasbullah SPd,MT yang mengupas “Strategi dan Kiat-Kiat Lolos Proposal & Pmnas PKM” secara gmablang.(MUMUH MUHLIS)***

Read more »

LEPAS SAMBUT CAMAT CILACAP SELATAN

Cilacap, LINTAS PENA
Pada pekan kemarin bertempat di Aula Kecamatan Cilacap Selatan telah  digelar acara serah terima jabatan, dari Camat lama Drs. Yuni Kustowo, M.Si kepada Awaluddin Muuri, AP.MM. Yuni Kustowo menduduki jabatan baru di Kabag. Pemerintahan Kabupaten Cilacap, sedangkan Awaluddin Muuri semula menjabat Camat Sidareja.
Hadir dalam acara tersebut Assisten Ekonomi, Dian Setyabudi, Kepala BNNK AKBP. H. Ruswanto, Para Lurah sekecamatan Cilacap Selatan, Muspika, Kepala UPT. Pendidikan, Tumirah, Jajaran Staf Kecamatan, Tim Penggerak PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para tamu undangan.
Dalam sambutannya, Yuni Kustowo   mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antar ulama, tokoh masyarakat dan semua pihak selama menjabat Camat Cilacap Selatan dan mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan.
Awaluddin Muuri, Camat Cilacap Selatan yang baru, pria kelahiran Muna, Sulawesi Tenggara, mengatakan akan selalu siap sebagai pelayan masyarakat dengan prinsip 3 kas, yaitu : Bekerja eras. Bekerja cerdas, dan Bekerja ikhlas.(R.INDRA YUNUS/JASMIRAH)***
.


Read more »

LEPAS SAMBUT CAMAT CILACAP TENGAH


Cilacap, LINTAS PENA
Pejabat Camat Cilacap Tengah diserah terimakan dari Jarot Prasojo, S.Sos, M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag. Organisasi di lingkungan Setda Cilacap. Jarot Prasojo yang sebelumnya Camat Cilacap Tengah dipindah menjadi Camat Binangun.Acara berlangsung di Aula Kecamatan Cilacap Tengah, pecan lalu yang dihadiri  Drs. Dian Setyabudi, MM mewakili Bupati Cilacap, H. Tato Suwarto Pamuji, Sekcam Cilacap Tengah yang baru Suparman, SH, MM, jajaran staf kecamatan, lurah-lurah, Muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tamu undangan lainnya.
Jarot Prasojo berharap agar selalu bersyukur pada Alloh SWT. Sikap syukur dengan cara ikhlas dan bekerja dengan baik dan mohon dukungan dari tokoh masyarakat dan berbagai pihak.
Annisa Fabriana, Camat Cilacap Tengah, istri dari Sumardi yang berprofesi sebagai Notaris mengatakan akan melakukan kedepan menurut petunjuk bupati atau yang mewakili.
  Bupati Cilacap yang diwakili Assisten Ekonomi, Dian Setyabudi mengatakan mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dan merupakan penyegaran dalam pemerintahan. Bupati akan mengevaluasi yang benar-benar tepat untuk menduduki jabatan untuk kesetaraan gender Bupati menunjuk Annisa Fabriana yang mumpuni menjadi camat.
Pergantian camat merupakan hal biasa dan ada 20 camat yang digeser dari 24 Kecamatan sedang camat baru ada 5 orang.”Untuk camat yang baru agar mengoptimalkan diri, tidak segan-segan turun kebawah, bersinergi merupakan inovasi untuk Cilacap Tengah khususnya dan Kabupaten Cilacap pada umumnya.”ujarnya (R.INDRA YUNUS/JASMIRAH)***

Read more »

Bupati Membuka “Cilacap Dragon Race Open Turnament 2013 “

Cilacap, LINTAS PENA
Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap yang ke 157, Dinas Pariwisata yang dikepalai Drs. Imam Yudianto, MM,  menggelar program tahunan yaitu Festival Prahu Naga bekerja sama dengan PODSI Cilacap. Lomba Perahu Naga ( Cilacap Dragon Boat Race Open Tournament 2013 ) digelar pada pekan lalu di Pantai Teluk Penyu Cilacap yang dibuka oleh Bupati Cilacap, H. Tato Suwarto Pamuji dan ditutup oleh Wakil Bupati Cilacap, H. Akhmad Edi Susanto, ST..
Festival ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan sektor Pariwisata di Kabupaten Cilacap serta mengembangkan minat dan bakat pada olahraga dayung. Dalam kejuaraan Cilacap Dragon Race Open Tournament 2013, lomba 500 meter :Juara 1 PODSI Bekasi, Juara 2PODSI Blora, dan Juara 3 PODSI Bogor. Untuk juara lomba 250 meter : Juara 1 diraih  PODSI Blora, Juara II Kolinlamil A Jakarta, dan Juara 3 oleh PODSI Bekasi.(R.INDRA YUNUS/JASMIRAH)**

Read more »

Bupati Cilacap Santuni Yatim Piatu



Cilacap, LINTAS PENA
Sebanyak 850 anak yatim piatu dari pesantren dan yayasan yatim piatu yang ada di Kabupaten Cilacap menerima santunan dari Pemkab Cilacap dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap yang ke 157.Penyerahan santunan diberikan pada hari Senin  kemarin oleh Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji di Pendopo Kabupaten Cilacap.Bupati Cilacap juga menyerahkan beasiswa untuk 75 anak berprestasi dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Untuk tingkat SD dan SMP sebesar Rp 700.000, SMA sebesar Rp 1.000.000.
Kabag. Kesra, Suranto, Bsc, S.Ip,MM mengatakan santunan ini sebagai wujud kepedulian pada sesama serta implementasi Bangga Mbangun Desa dalam pilar Pendidikan dan pilar Lingkungan sosial dan budaya. Selain itu, Pemkab juga akan menggelar sunatan massal di 3 distrik yaitu Distrik Kroya, Distrik Majenang, dan Distrik Sidareja sejumlah 210 anak.
Donatur santunan yatim piatu dari BUMN, BUMD, antara lain : PT. HOLCIM, Pertamina , PELINDO, Kantor Pajak, Bank Jateng, Bank Gunung Slamet, dan lain-lain.(R.INDRA YUNUS/JASMIRAH)***

Read more »